Kamis, 21 Mei 2015

Jenis Alergi dan solusinya

Salam Sehat Selalu Luar Biasa...
hari ini share sedikit tentang apa itu ALERGI dan jenisnya juga cara penanganannya.

ALERGI

Alergi merupakan suatu reaksi menyimpang dari mekanisme pertahanan tubuh terhadap zat/badan yang secara normal tidak berbahaya bagi tubuh, dan melibatkan sistem kekebalan tubuh terutama antibodi imunoglobulin E (IgE). Kadar IgE normal adalah , 0.35 kU/I. Seseorang dengan kadar IgE yang berada pada ambang batas tinggi akan memiliki kecenderungan mudah mengalami reaksi alergi. Steven Jhonson Syndrome adalah bentuk alergi yang parah dan dapat mengakibatkan kematian.

Gejalanya :
Tergantung pada bagian tubuh yang terserang, misalnya :
  • Mata merah, bengkak, dan berair
  • Hidung mengeluarkan banyak lendir dan bersin, saluran napas berlendir, batuk, sesak napas, napas berbunyi (seperti asma).
  • Lambung/usus halus menjadi lebih aktif, sehingga menyebabkan diare dan gangguan pencernaan lainnya.
  • Persendian terasa sakit, kemerahan dan bengkak.
  • kulit menjadi berbercak merah/timbul biduran disertai dengan rasa gatal.
  • Pembengkakan pada tenggorokan yang menyebabkan gagal pernafasan dan mengakibatkan kematian.
Beberapa jenis alergi :

  •  Alergi Makanan


 merupakan reaksi sensitifitas berlebihan sistem imun tubuh terhadap makanan tertentu. Gejala yang ditimbulkan dari alergi makanan ini biasanya rasa gatal pada mulut, kesulitan menelan dan bernafas. Saat makanan sudah mencapai lambung dan usus halus, gejala yang timbul berupa rasa mual, muntah, diare dan sakit perut. 


  • Alergi Rhinitis (Radang Hidung karena alergi)
Alergi Rhinitis sering terjadi pada semua umur, yang disebabkan oleh faktor keturunan. Penyebab alergi ini biasanya rangsangan dari debu, asap rokok, serbuk parfum, rambut, dan bulu binatang. Gejala yang ditimbulkan seperti bersin-bersin, hidung berair, pilek dan pada beberapa kasus dapat menyebabkan mata merah dan berair, Hidung tersumbat. Rhinitis yang kronis bisa memicu terjadinya sinusitis.



  • Alergi kulit / Radang Kulit (Eksema/Dermatitis) 
  Alergi kulit adalah hipersensitifitas kulit yang sangat rentan terhadap bahan/senyawa tertentu. Eksim atau dermatitis adalah masalah yang disebabkan karena adanya reaksi alergi. penyakit ini tidak menular, tetapi cenderung diturunkan dalam keluarga (faktor keturunan).
Penyebabnya : alergi pada kulit sangat rentan biasanya faktor pencetus alergi ini mulai dari kosmetik, detergen, sabun mandi, perhiasan imitasi, kain yang kasar dan pakaian yang lembab atau yang terlalu ketat yang dapat menimbulkan gatal.
Gejalanya : Kumpulan lepuhan berwarna merah diatas kulit, kemudian pecah dan mengeluarkan cairan yang gatal. Bila cairan itu mengering, menyebabkan kulit bersisik dan sangat gatal sekali.



Solusi yang digunakan antara lain :
  • Classic Mulberry Powder (CMP)
 CMP untuk membantu proses detoksifikasi (membersihkan) alergen di dalam tubuh. Aturan pakai minum 3x1-2 sachet perhari sebelum makan dilarutkan kedalam segelas air dingin 300ml. jangan diseduh dengan air panas karena akan merusak kandungan didalamnya.




  
  •  3 Miracles

Habbatussauda atau jinten hitam yang terdapat didalam 3 miracle mengandung Crystalline nigellone yang memiliki protein kinase C, zat yang dikenal menghambat pelepasan histamin penyebab reaksi alergi. Aturan pakai 2x2 sendok makan sebelum makan.




Tips : Hindari kontak langsung dengan bahan / senyawa yang membuat iritasi pada kulit, jangan digaruk jika gatal dan perhatikan timbulnya reaksi alergi.

untuk konsultasi dan pemesanan hubungi :
Melis HWI
telp. 085722123878
WA 085781468118
BB 5292DE70

Terima kasih...
Salam sehat selalu luar biasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar